My FaceBlog

| Tempat ngeblog a la facebook…

Tips Merawat Payudara Sebelum Menyusui

Perawatan payudara selama kehamilan penting diperhatikan sebagai persiapan untuk menyusui kelak. Karena makanan paling baik untuk bayi adalah air susu ibu (ASI).

Saat hamil, payudara akan membesar dan daerah di sekitar puting akan berwarna lebih gelap dan lebih sensitif. Calon bunda harus siap untuk memberi ASI pada bayi yang akan dilahirkannya.

Rawatlah payudara sedini mungkin sebelum melakukan tugas mulia. Pada saat umur kehamilan memasuki tiga bulan, periksa puting untuk mengetahui apakah puting datar atau masuk ke dalam dengan cara memijat dasar puting susu secara perlahan.

Puting susu yang normal akan menonjol keluar. Apabila puting susu tetap datar atau masuk kembali ke dalam payudara, maka sejak hamil 3 bulan harus dilakukan perbaikan agar bisa menonjol.

Konsultasikan juga dengan dokter Anda. Caranya adalah dengan menggunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari, daerah di sekitar puting susu diurut ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara. Dilakukan sehari dua kali selama 6 menit.

Kemudian saat usia kehamilan enam sampai sembilan bulan mulailah lakukan perawatan. Basahi kedua telapak tangan dengan minyak kelapa atau zaitun. Kompres puting susu sampai areola mamae (daerah sekitar puting dengan warna lebih gelap) selama 2-3 menit.

Tujuannya adalah untuk merontokkan kotoran atau kerak yang menempel pada puting susu. Jangan membersihkan dengan alkohol karena dapat menyebabkan puting susu lecet.

Selanjutnya kedua puting susu dipegang lalu ditarik, diputar ke arah dalam dan ke arah luar (berlawanan jarum jam). Pangkal payudara dipegang dengan kedua tangan, lalu diurut ke arah puting susu sebanyak 30 kali sehari.

Lalu pijat kedua areola mamae hingga keluar 1-2 tetas. Setelah itu, puting susu dibersihkan dengan handuk kering bersih. Bersihkan payudara memakai air, lalu pijat memakai minyak.

Pemijatan dilakukan dengan kedua tangan, sekeliling payudara diurut memutar searah jarum jam kemudian berbalik arah berlawanan jarum jam. Setelah itu lakukan pengurutan dari bawah menuju puting, namun putingnya sendiri tak perlu dipijat karena berkelenjar. Setelah itu, ketuk-ketuklah payudara memakai ujung jari atau ujung ruas jari.

Selain melakukan perawatan tadi, sebaiknya lakukan juga senam secara teratur. Yakni posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan (seperti orang bersedakep).

Kemudian tekan kuat kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan, sehingga terasa tarikannya pada otot-otot di dasar payudara. Selanjutnya lemaskan kembali. Lakukan berulang-ulang hingga 30 kali.

Kedua, Pegang bahu dengan kedua ujung tangan, kemudian siku diputar ke depan sehingga lengan bagian dalam mengurut (massage) payudara ke arah atas. Diteruskan gerakan tangan ke atas ke belakang can kembali pada posisi semula. Lakukan latihan ini 20 kali putaran.

Sebaiknya pemakaian bra juga harus diperhatikan. Pakailah bra dengan dua ukuran di atas yang biasa kita pakai saat payudara mulai membesar. Pakailah yang pas, jangan pakai yang terlalu ketat atau longgar sehingga dapat menopang payudara dengan baik.

Sumber : vivanews.com

Categories: Kesehatan
lapak info at 02:27 on 22 January 2011

informasi ini patut di baca walau saya belum menikah,sebagai persiapan jika menikah nanti.semoga Tuhan memberi kita kesehatan dan umur yang panjang

nurse practitioner at 15:58 on 25 January 2011

nice post. thanks.

lina@home sweet home at 00:55 on 26 January 2011

artikel yg sangat bermanfaat ….

nhl scores at 05:34 on 30 January 2011

This is a good,common sense article.Very helpful to one who is just finding the resouces about this part.It will certainly help educate me.

msn weather at 11:11 on 30 January 2011

Very useful list of templates…thanks for the compilation!

Anisayu at 20:21 on 30 January 2011

Harus di jaga karna tanpa itu kuranglah cantiknya hehee, tanpa ASI kurang sayang ma anak rasanya xixixi

Aneka NEWS at 12:34 on 4 February 2011

Penting banget, jangan sampai anak minum susu binatang (susu sapi). Bukankah ASI adalah yg terbaik?, makanya, tempt keluarnya ASI harus dirawat 🙂

Ardie Rider Bmx at 02:14 on 22 February 2011

Siip.
ASI lebih baik dari pada susu bubuk

Anan at 23:44 on 16 March 2011

bagus bagus… tapi sebagai cowo saya kurang ngerti.. hihihi..

edi at 13:14 on 27 March 2011

Gimana cara prakteknya ya?

gadget media techno at 20:52 on 26 June 2011

gak punya payudara nih soale cowok he..he.. 🙂

BBCellular at 17:05 on 10 January 2012

hihihi.. nice inpoh… 😀 jadi ngarti…