My FaceBlog

| Tempat ngeblog a la facebook…

Merancang Rumah dengan AutoCAD

 

Saat saya masih kuliah dulu, kalau bikin tugas gambar harus menggunakan mesin gambar dan medianya menggunakan kertas kalkir ataupun kertas roti. Alat tulisnya yang biasa digunakan mahasiswa arsitektur adalah rapido. Susahnya kalau ada kesalahan gambar harus dibersihkan dengan silet.

Namun sejalan dengan perkembangan teknologi, gambar teknik dapat diselesaikan dengan mudah berkat adanya software AutoCAD yang dirilis oleh Autodesk. AutoCAD memberikan kemudahan dalam menggambar berbagai macam gambar teknik, mulai dari gambar rumah, bangunan gedung perkantoran, interior bangunan sampai ke gambar jalan dan lain-lain. AutoCAD yang terakhir adalah versi 2010.

Khususnya dalam merancang rumah dengan AutoCAD kita dapat memperoleh hasil yang bisa mendekati aslinya. Sebelum mulai pembangunan, kita sudah bisa menganalisa ruangan terlebih dahulu sesuai fungsi dan sirkulasinya, menata taman dan ruang lainnya. Sehingga hasilnya lebih sesuai dengan harapan kita, tidak ada kelebihan atau kekurangan material bangunan.

Menggambar 2D/3D dengan AutoCAD

AutoCAD memberikan teknik cepat dalam kita merancang sebuah gambar 2D ataupun 3D. Perintah atau command yang umumnya kita gunakan dalam menggambar 2D antara lain adalah line, polyline, move, rotate, mirror, array. Untuk penggambaran bidang kita gunakan perintah : circle, rectang atau ellipse. Selain lebih cepat, hasilnya juga lebih akurat.

Setelah gambar 2D jadi, kita bisa gunakan sebagai dasar untuk pembuatan gambar 3D. Perintah yang kita gunakan dalam penggambaran 3D adalah extrude, rotate 3D, slice, subtract, dan lain-lain. Permainan UCS (Unit Coordinate System) sangat penting dalam kita menggambar AutoCAD 3D.

Rendering gambar AutoCAD 3D

Rendering adalah menempatkan material pada objek gambar 3D. Misalnya material lantai, dinding, batu bata, genteng atau kayu untuk daun pintu. Untuk suasana exterior kita bisa gunakan material : rumput, pohon, tanaman perdu dan lain-lain. Hal yang sangat penting lagi dalam teknik rendering adalah pencahayaan (lighting). Letak titik cahaya yang tepat akan menghasilkan gambar yang bagus dan lebih realistis (mendekati nyata seperti foto). Umumnya hal ini yang masih sulit dilakukan dan kita cenderung melakukan rendering dengan program 3DS Max. Namun kalau kita sering berlatih, kita dapat melakukan rendering hanya dengan program AutoCAD saja, bahkan dengan AutoCAD 2002.

Gambar diatas saya buat hanya dengan menggunakan AutoCAD versi 2002, tanpa bantuan program lain seperti 3DS Max ataupun PhotoShop dan komputer tipe Pentium 4 (lama). Jadi sekali rendering di AutoCAD bisa mengasilkan gambar yang tidak kalah bagusnya dengan program 3DS Max.

Bagi anda yang masih memiliki komputer dengan spesifikasi Pentium 4 misalnya, tidak usah berkecil hati karena anda masih bisa membuat gambar rendering dengan AutoCAD versi 2002. Cukup menambahkan beberapa library texture (pohon, awan, rumput, batu, lantai, karpet) yang bisa anda peroleh dari CD Texture Library. Namun jika anda belum memilikinya, saya bisa memberikan beberapa texture yang umumnya digunakan dalam gambar rendering. Silahkan download di sini.

Nah, jika anda ada kesulitan dalam penggambaran dengan AutoCAD silahkan konsultasikan dengan saya (gratis). Silahkan tulis pesan dan alamat email di sini, Insya Allah saya dengan senang hati akan membantu. Semoga bermanfaat. 🙂

Categories: Arsitektur
Ipin at 08:14 on 5 March 2012

Assalamualaikum mas…salam kenal ya mas…mas saya masih pemula dan saya tidak mempunyai basic menggambar di autocad tapi saya punya tugas menggambar pole GH dengan bentuk 3d di autocad mas..saya mohon bantuannya..ya..!

Isdaryanto at 09:29 on 5 March 2012

@ipin: waalaikumsalam..salam kenal kembali. Sebaiknya untuk para pemula mengambil kursus AutoCAD di LPK2 skrg sdh byk, selain pembelajarannya sistematis, ilmu kita jg terarah dibanding dg belajar sendiri. 🙂

Nendy at 21:45 on 6 March 2012

baNG KLAW pelelangan Hasil karya …! Minta Web dongk

ferry at 13:00 on 8 March 2012

mas saya ada kesulitan menggunakan viewport u/ memotong gambar dan dimasukan ke lembar kerja (kolom) saya lupa nama ya

Didi at 12:45 on 12 March 2012

om, video tutorialnya ada g??? lu ada aq mau pesan ne. . . . .

GIOFANI at 14:04 on 12 March 2012

mau tambah ilmu design boleh gambung ya

gema gita at 17:44 on 19 March 2012

kak.. gimana crx biar mahir dalam membuat desain rumah dalam 3 dimensi ? yg bgus qt pkek AutoCAD, 3D MAX, atw sketchUp ?tq 🙂

Isdaryanto at 19:32 on 19 March 2012

@gema: yg bagus untuk gambar rumah pake AutoCAD. tq kmbali 🙂

Arie at 03:31 on 22 March 2012

Mas sharenya ok bgt, trims y…tp bisa ga mas buat tutorial contoh desain rumah dari awal hingga akhir. kayanya bagus banget n sangat membantu bagi yg masih baru2 belajar autocad kaya saya…n klo bisa saya dikirimi (sahriari@yahoo.co.id)

Isdaryanto at 04:35 on 22 March 2012

@arie: wah kl diuraikan disini jelas ga muat..hehe.. lbih baik beli buku atau DVD tutorial AutoCAD tentang mendesain rumah 3D. trims kembali.. 🙂

hesty at 19:41 on 23 March 2012

tolong bantuannya ya???sya blm bisa autocad,sya mahasiswa teknik sopil

Isdaryanto at 20:42 on 23 March 2012

@hesty: saya sarankan km ambil kursus AutoCAD di LPK, ntr diarahkan untuk gambar2 teknik sipil. Setelah itu km bs belajar dari buku2 tutorial yg sdh byk dijual. ok?

yudha at 09:13 on 31 March 2012

mantaf tutorialnya

Saryadi at 17:02 on 3 April 2012

Saya sapa anda bos salah satunya karena ilmunya, bos sy mau tanya gemena cara memberi ukuran atau dimension arah vertikal / z pada tiga dimensi maaf saya lagi bekajar dan tks atas perhatianya

ade at 20:19 on 13 April 2012

mas,saya ade masih sekolah,mas saya mau nanya cara buat background seperti awan pada gambar 3d,saya menggunakan autocad 2007 mas,tolong di bantu ya mas,cara2 nya kirim ke email saya aja ya mas,sebelumnya trimakasih ya mas

adul at 13:07 on 15 April 2012

apa ya…tahap awal buat denah dan sseterusnya
?????

nasruddin at 10:10 on 29 April 2012

sy pemula dalam menggambar, sy minta tolong dikirimkam file cara – cara menggambar rumah 3d dengan menggunakan autocad 2007 mulai dari pondasi sampai atap. tks sebelumnya. ini email saya. (torayanas@gmail.com)

ukikdjumiyanto at 14:54 on 4 May 2012

Hallo,
Permisi down load library texture yach.
BTW kasih inpo langkah – langkah render donk.

endra at 12:03 on 10 May 2012

pak saya mau coba kirim gambar saya sekalian nanya gimana masukin latar awan di bacgroundnya

yang nata bintara at 20:38 on 11 May 2012

gi mna cara mengam bestek lengkap dari awal serta perhitungan
dari awal hingga akir..?

ajie at 04:37 on 14 May 2012

mas saya baru belajar autoCAD pemula tp klo photoshop atau corel udh lumayan lancar ,,mau tanya tips belajar gambar2 di autoCAD biar cepat bisa …heheheee
.makasih mas ,,sambil share buat desain rumah gmn cranya sayah mau belajar..
sebelumnya terima kasih !!!

yantama at 19:55 on 21 May 2012

mas! sy sangat tertarik dan kepingin skali bisa menggambar 3 dimensi, tp kok sulit skali ya, mhn penjelasan bagaimana caranya supaya bs cepat menguasai padahal utk 2 dimensi insya allah sy sdh lancar. sy mhn penjelasan dari awal tp dengan menggunakan toolbar biar cpt ngerti. makasih mas>

arul at 16:04 on 22 May 2012

tahap awal buat desain rumah dan sampai selesai…

veru at 21:16 on 26 May 2012

mas, saya mau tanya saya boleh gak minta contoh mengambar 2d denah rumah dengan tampak potongan berserta intalasinya, sebab saya mencari buku ditoko buku yang ada didaerah saya koq gak ada yang lengkap itu karena saya dapat tugas kuliah. trims

Ahmad rafi pratama raficom at 17:36 on 3 June 2012

Maaf mas, sy pngguna autocad pemula, mo nny, d mna nyri sftware autocad slain download di internet?

ahmad bondra at 10:14 on 7 June 2012

aku dah bisa gambar mobil amphibi dlm bntk 3D tp aku blm pnya dasar teknik.Pa kah aku bisa gambar rmh dlm bntk 3D!!!!!!!! kasih tau cara bwt gambar rmh dlm bntk 3D. mkasih

HARY at 11:29 on 14 June 2012

Assalamu’alaikum. Saya mau minta tolong nih, dulu saya pake Acad 2005 lumayan bisa rendering, nampilkan pohon, orang, mobil, dll. Tapi sekarang pake Acad 2011 saya kok kesulitan nampilin orang, pohon, mobil, dll. Soalnya lebih sering gambar 2D sih. sekarang butuh lagi gambar 3D. Tolong ya… makasih sebelumnya.
Wassalam

azem at 16:18 on 17 June 2012

tetepi nak cari nya di mana

agnes at 13:52 on 18 June 2012

apa bisa d cad 2007 diinstal??

gayo at 20:43 on 18 June 2012

gan..ane pingin tampilan blog ane keyak blog antum..bisa ajari gan gan??

sigit at 15:32 on 4 July 2012

saya baru pemula autocad tp saya senang desain bangunan,salam kenal mungkin tar banyak nanya…trmkasih sebelumnya

arfan at 21:26 on 9 July 2012

thanks om

riza at 12:21 on 15 July 2012

om punya contoh gambar ramp spiral+potongan format cad dwg gak???terimakasih om 🙂

Cahyono at 10:45 on 2 September 2013

Salam kenal. Kalau di 3D max material mapnya kan bisa diatur skalanya. Tp di auto cad kok susah ya….? Terima kasih……

Cahyono at 10:53 on 2 September 2013

Salam kenal. Kalau di Auto Cad pengaturan skala dan kedalaman material kok susah ya…? Padahal sudah saya edit tapi nggak ada perubahan

Cahyono at 11:05 on 2 September 2013

Utk sdr Saryadi #14: Garis dimensi hanya untuk gambar 2D saja jadi kearah Z gak ada. Kalau kita mau memberi grs dimensi pd gambar 3D kita atur ucs dan titik originalnya. Tp itu akan tampak bila gambarnya dirender. Semoga bermanfaat.

Harga Tape Mobil Murah di Jakarta Timur at 23:18 on 30 September 2013

Howdy! This post could not be written any better! Reading
through this post reminds me of my old room mate! He always kept chatting about this.

I will forward this page to him. Pretty sure he will
have a good read. Thank you for sharing!

yoko at 14:23 on 3 October 2013

asalamualaikum min,,boleh minta softwer autocad 2010 gak min?? blas ke inbox email ya min.. tanks sebelum ya..

Rafiqy Ma'ruf at 16:57 on 11 November 2013

permisi ,, nama saya rafiqy ma’ruf
sekolah menunjuk saya untuk lomba LKS AutoCad dengan syarat membuat rumah 3D dan mesin ..
apa agan punya tutorial untuk membantu saya ? tolong email ya mas mohon bantuannya

adi at 23:48 on 24 January 2014

tolong cara awal utk pemula seperti saya belajar autocad 2010 & tlg yg mudah dimengerti agar saya cepat bisa.

fadhlan at 19:55 on 30 January 2014

mas gimana caranya untuk menggabungkan dua file 3d menjadi satu

Alem at 22:06 on 18 February 2014

kmas,sya mnta tolong di ajarin mggmbar dgn autocat 2007,..!
sya pingin tau perintah pa2 ja yg harus krjakn untuk mmbuat gambar bntuk rumh jadi yg seperti gambar di atas,yg mas buat pakek autocat 2002…!
sya tinggal di biren(aceh)…!
ne no’hp saya 085277485636,klo bisa sya mnta no hp mas,spya sy bisa konsul dgn mas mngenai pegerjaan autocat…!!!
trimakasih y…!
by Alem…!

taufik at 09:03 on 8 October 2014

mas mau nanya autocad 2007 bisa digunakan diwindows 8 gak

Dian Lesmana at 00:14 on 13 October 2014

Slamet mlm Om saya Dian mo nanyain, 2 thun kebelakang saya pernah kursus AutoCad di sebuah Lembaga….selama 3 bln, akan tetapi setelah mendapatkan sertifikat dan selama 1 thun saya udh gak di pelajari lagi, dan akibatnya blank lagi Dasar-dasar AutoCad dan pengerjaannya! Nah, yg saya mo tanyakan? Saya ingin mengulik lagi AutoCad tapi saya bingung! Hrs mulai dari mana awalnya, serta pengerjaanya. Sekian dan Terima kasih Om.

wahyou at 15:18 on 17 February 2015

bang alem,,sekedar informasi di aceh,bisa belajar menggambar dengan autocad di BALAI LATIHAN KERJA INDUSTRI BANDA ACEH(BLKI BANDA ACEH),,GRATIIS..!:)