My FaceBlog

| Tempat ngeblog a la facebook…

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Tak dapat dipungkiri kita semua pasti pernah mengalami rasa tak percaya diri sesekali waktu. Adakalanya agak sulit untuk menumbuhkan rasa percaya diri itu kembali pada saat kita sedang membutuhkan. Sebenarnya ada latihan sederhana yang dapat dipraktekkan untuk mendapatkan rasa percaya diri Anda agar kembali ke jalurnya secepat mungkin saat dibutuhkan. Berikut ini beberapah cara membangun rasa percaya diri anda.

1. Perhatikan Postur Tubuh

Mungkin kedengarannya ini tak memiliki hubungan dengan rasa percaya diri yang kita bicarakan ini, tetapi sebenarnya bagaimana sikap duduk atau berdiri Anda, mengirimkan pesan tertentu pada orang-orang yang ada di sekekliling Anda. Jika pesan tersebut memancarkan rasa percaya diri, Anda akan mendapatkan tanggapan positif dari orang lain dan tentu saja ini akan memperbesar rasa percaya diri Anda sendiri. Jadi mulai perhatikan sikap duduk dan berdiri untuk menunjukan Anda memiliki rasa percaya diri.

2. Bergaulah Dengan Orang-Orang Yang Memiliki Rasa Percaya Diri Dan Berpikiran Positif

Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Jika Anda terus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, seberapa besarpun percaya diri yang Anda miliki, perlahan tapi pasti akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan Anda. Sebaliknya, jika Anda dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, makan akan tercipta pula atmosfir positif yang membawa keuntungan bagi diri Anda.

3. Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri

Percaya diri adalah sebuah perasaan, dan jika Anda pernah merasakannya sekali, tak mustahil untuk merasakannya lagi. Mengingat kembali pada saat dimana Anda merasa percaya diri dan terkontrol akan membuat Anda mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran.

4. Sering Latihan

Kapanpun Anda ingin merasakan rasa percaya diri, kuncinya adalah latihan sesering mungkin. Bahkan Anda dapat membawanya dalam tidur. Dengan kemampuan yang terlatih, Anda tak akan kesulitan menampilkan rasa percaya diri kapanpun itu dibutuhkan.

5. Kenali Diri Anda Sendiri

Pikirkan segala hal tentang apa yang Anda sukai berkenaan dengan diri sendiri dan segala yang Anda tahu dapat Anda lakukan dengan baik. Jika Anda kesulitan melakukan ini, ingat tentang pujian yang Anda peroleh dari orang-orang – Apa yang mereka katakan – Anda melakukannya dengan baik? Sebuah gagasan bagus untuk menuliskan semua ini, hingga Anda bisa melihatnya lagi untuk mengibarkan rasa percaya diri kapanpun Anda membutuhkan inspirasi.

6. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Jangan terlalu mengkritik diri sendiri, jadilah sahabat terbaik bagi diri Anda. Namun, saat seorang teman sedang melalui masa sulit, Anda tak akan mau terlibat dalam masalahnya hingga menguras emosi Anda sendiri kan? Tentu saja Anda tak mau. Pebicaraan yang positif dapat berubah jadi senjata terbaik untuk menaikan rasa percaya diri, jadi pastikan Anda menanam kebiasaan ini, jangan biarkan permasalahan orang lain membuat Anda jadi terpuruk.

7. Jangan Takut Mengambil Resiko

Jika Anda seorang pengambil resiko, Anda pasti akan temukan kalau tindakan ini mampu membuahkan rasa percaya diri. Tak ada yang lebih bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri layaknya mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman. Selain itu, tindakan ini juga berfungsi bagus untuk mengurangi rasa takut Anda akan ha-hal yang tak Anda ketahui, plus bisa dari pembangkit rasa percaya diri yang luar biasa.

Lebih dari segalanya, selalu ingatlah bahwa Anda memiliki bakat dan kemampuan. Pastikan Anda selalu melakukan yang terbaik untuk semua itu dan inilah yang akan jadi batu loncatan terbaik untuk menumbuhkan rasa percaya diri anda.***

Categories: Notes
sarah at 16:30 on 9 December 2009

kalo kelewat pede abis……gimana nih hihihihih ada ga cara ngatasinya

admin at 17:22 on 9 December 2009

klo kelewat pede abis..jdinya narsisss dong..narsis pecels pedess abis..

sarah at 21:55 on 9 December 2009

kalo narciss pecel pedes nya abis……beli narciss goreng aja gimanaaaa hahahahah….

admin at 23:17 on 9 December 2009

@sarah >> tpi jangan pake pindangsss yaa..

Nitta Prasetya at 19:29 on 10 December 2009

setuju aku untuk topik ini. dulu waktu masih ngajar staf di retail aku selalu mengajari hal-hal begini, krn percaya diri sangat dibutuhkan dalam smua bidang usaha…

loker at 21:59 on 10 December 2009

mantaff kali nih templatenya, kalo bisa bagi2 dong, heheheh

admin at 03:14 on 11 December 2009

@nitta >> perlu dicoba saat jualan jilbab jg..
@loker >> thnks dah mampir..ntr dibagi ya..

ILHAM at 17:19 on 12 December 2009

Wah,,, blog baru ya… mas is…!!
Templatenya bagus…!!

admin at 21:42 on 12 December 2009

@ilham >> iya nih..thnks dah mampir

fathul ulum at 12:01 on 11 March 2010

ok mas,,, thnx 4 giving suggesty…..
tak tnggu yg laenya….

Enif at 20:14 on 25 October 2010

Thank for your advise, moga bisa memotivasiku untuk keluar dari krisis pede n bisa lebih pede plus makin optimis jalani hidup

fian at 10:11 on 23 July 2011

kurang percaya diri kelamaan bro..gimana tu..?????