My FaceBlog

| Tempat ngeblog a la facebook…

Lima Bahasa Cinta

Ketika pasangan yang mengalami masalah untuk mengekspresikan rasa cinta mereka, maka masing-masing pun akan bisa mengerti cara mereka sendiri dan cara pasangannya membahasakan cinta mereka. Setelah menyadari hal tersebut, masing-masing akan bisa mencoba kembali. Menurut dr. Gary Chapman, konselor pernikahan yang menulis buku The 5 Love Languages – ada Lima Bahasa Cinta yang konon mampu menyatukan kembali pasangan yang mulai kehilangan rasa. Kelima bahasa tersebut adalah :

1. Kata-kata Penguatan
Aksi tak selalu berkata lebih kencang ketimbang kata-kata, kok. Jika lewat kata-kata adalah merupakan cara yang Anda ketahui untuk mengutarakan rasa cinta Anda, maka artinya pujian yang sifatnya gamblang amat penting artinya bagi Anda. Mendengar kalimat “Saya cinta kamu” dan setipenya membuat Anda lebih bersemangat. Kritik dan ejekan bisa menjatuhkan Anda dan akan sangat membekas.

2. Waktu Berkualitas
Cara ini adalah tipe yang menunjukkan cintanya lewat perhatian penuh. Selalu berada di sisi orang yang dicintai adalah hal yang penting orang tipe ini. Namun, berada di sisi seseorang bukan berarti hanya “ada”, tetapi memfokuskan diri untuk ada di sisinya tanpa ada perhatian yang teralihkan. Ketika si dia berbicara, Anda akan mematikan televisi, menon-aktifkan ponsel, dan hal-hal lain yang berpotensi mengganggu obrolan.

3. Menerima Hadiah
Jangan salah artikan bahasa cinta ini dengan materialistis. Si penerima hadiah lebih menilai upaya yang dikeluarkan oleh si pemberi hadiah dengan menilainya sebagai cinta, perhatian, dan usaha yang dikeluarkan. Jika Anda berbicara dengan bahasa cinta ini, sebuah tindakan kasih atau hadiah menunjukkan bahwa Anda merasa dicintai, disayangi, dan dijunjung tinggi di atas pengorbanan orang yang membawakan hadiah tersebut kepada Anda. Tanggal ulang tahun yang terlewatkan, hari jadi, atau hadiah yang tak penuh perhitungan akan menjadi bencana, begitu pula dengan tindakan harian yang biasanya diberikan lalu tiba-tiba berhenti pun akan membuat Anda kelimpungan.

4. Tindakan Mengurangi Beban
Jangan anggap tindakan-tindakan yang terlihat sepele tidak ada artinya. Ketika si dia mulai menyapu dan menggantikan tugas Anda yang sedang terbaring sakit di atas tempat tidur, hal tersebut akan dinilai sebagai tindakan yang mengurangi beban seseorang. Bagi seseorang yang sulit untuk mengutarakan rasa cintanya, bantuan yang ia lakukan untuk orang yang ia cintai adalah sebuah upaya menunjukkan. Kemalasan, komitmen yang terkoyak, dan membuat si pembicara bahasa ini merasa bahwa perasaannya sudah tak lagi penting.

5. Sentuhan Fisik
Bahasa ini tidak selalu berarti bahasa yang harus diungkap di dalam kamar tidur. Pelukan, tepukan di pundak, genggaman tangan, sentuhan penuh arti di lengan, pundak, atau wajah bisa menunjukkan rasa ketertarikan, kasih, cinta, kepedulian, dan lainnya. Kehadiran secara fisik dan aksesibilitas adalah hal yang krusial bagi orang yang berbicara dengan bahasa ini, sementara penyia-nyiaan atau penganiayaan bisa jadi hal yang tak bisa dimaafkan dan destruktif.

Yang mana bahasa si dia dan yang mana bahasa cinta Anda? Ketika Anda dan suami sama-sama mengetahui bahasa cinta ini, dan bisa saling memenuhi, maka masing-masing akan merasa bisa mencintai dan dicintai.

** Sumber : dr. Gary Chapman -The 5 Love Languages.

Categories: Mutiara Kata - Notes
inginku at 00:58 on 18 June 2010

karena ini tentang cinta maka aku koment tentang cinta ya mas….

Inginku…
Ketika Mekar Bunga tak Menebar Harum Wangi
Dan Ketika Sarinya Tak Menawarkan Lagi Manis Madu
Adakah Kau Masih Denganku
Ketika KU Mulai Layu

hehehehehehehe

blogger terpanas at 02:07 on 18 June 2010

trims atas tipsnya, untuk memelihara cintaku terhadap istri hehehe…

Ica at 18:29 on 19 June 2010

wah…. bagus nih…. terimakasih untuk 5 bahasa cintanya bos 🙂

mimi at 05:21 on 22 June 2010

Salam….singgah pagi selasa disini…met pagi sahabat

louis vuitton at 14:02 on 22 June 2010

Hello, I like your article. This is a cool site and I wanted to post a comment to let you know, great job! Thanks Katy

CongCot at 08:46 on 23 June 2010

wah hebat
bahas cinta itu menarik
benar benar menarik
hehe

E-lifestyleandbusiness.com at 09:24 on 23 June 2010

mengagumkan selain pintar seo… puisi pun tidak kalah hebatnya seperti pujangga…. mantab mas is

adib at 07:34 on 26 June 2010

wa setuju bos hehehe

rasiqzone at 07:38 on 26 June 2010

kunjungan perdana mendarat dipostingan dengan topik “CINTA”
wach selain jago designer..
masalah CINTA juga jawara kayaknya nich 😀

yan at 09:04 on 14 July 2010

menrik…. memang sangat perlu yg seperti ini…!!! kalo tidak…!!! bisa hancur…!!!!

yan zen at 00:54 on 25 July 2010

mank bener2 princian bahasa cinta yg menarik n mnakjubkan……..!!!

Isdaryanto at 13:01 on 25 July 2010

@yan zen > makasih..

eija at 07:37 on 2 September 2010

salam perkenalan buat semua –http://www.tunetalk2u.com/?ref=481

eija at 07:39 on 2 September 2010

gi mana mau daftarkan nama dalam faceblog ini ya,saya ngak liat bgian registration nya

ardy at 00:33 on 31 March 2012

hyyyyyyyy all