My FaceBlog

| Tempat ngeblog a la facebook…

Cara Menghadapi Masalah

Janganlah masalah yang menimpa kita dianggap sebagai beban apalagi bencana, namun anggaplah sebagai karunia untuk meningkatkan ilmu, amal, wawasan dan kemuliaan di sisi Allah SWT.

Fitnah, musibah, kekurangan harta, penyakit, penghinaan, adalah sebagian masalah yang akan selalu menghampiri kita. Kemanapun kita pergi dan dimanapun kita berada, ia akan selalu turut serta. Masalahnya, bagaimana sikap kita terhadap masalah tersebut ?. Inilah yang akan menentukan sukses tidaknya hidup kita; bahagia atau nestapanya perasaan kita.

Bukankah selama bertahun-tahun sekolah, kita harus menghadapi berbagai macam ujian hingga akhirnya kita lulus dan dihormati sebagai orang berpendidikan ?. Kuncinya, bila ingin mendapatkan nilai terbaik, kita harus mempersiapkan diri dengan belajar dan berlatih terus menerus. Setelah itu hadapi ujian dengan niat dan cara terbaik agar lulus dengan nilai terbaik.

Nah, ketika dihadapkan pada sebuah masalah, sikap seperti apa yang harus kita ambil ?. Berikut ini adalah cara menghadapi masalah yang harus kita lakukan :

1. Jangan panik

Saat tertimpa suatu masalah, langkah pertama yang harus kita ambil adalah jangan panik. Kepanikan hanya akan menambah masalah daripada menyelesaikan masalah. Maka latih diri dan keluarga untuk tenang dan tidak panik menghadapi situasi segawat apapun.

2. Jangan emosional

Jangan terpancing untuk marah dan bertindak emosional ketika kita dihadapkan pada suatu masalah. Marah hanya akan memuaskan nafsu, sedangkan nafsu yang tidak terkendali bukan jalan meraih kebenaran dan kemuliaan hidup. Bukan tidak boleh kita bertindak, yang tidak boleh adalah bertindak secara emosional.

3. Jangan tergesa-gesa

Tergesa-gesa itu berasal dari setan. Tindakan tergesa-gesa hanya akan menuai penyesalan. Maka kendalikan diri, jangan ingin cepat-cepat menyelesaikan suatu aktivitas tanpa perhitungan matang. Saat kita dihadapkan pada masalah yang rumit, segera petakan masalah tersebut, kumpulkan informasi secara BAL (benar, akurat, dan lengkap). Setelah informasi terkumpul baru kita membuat keputusan dan segera bertindak.

4. Jangan larut mendramatisasi

Sebagian penderitaan yang dialami adalah hasil dramatisasi pikiran kita sendiri. Akibatnya persoalan jadi tampak gawat, darurat, dan mencekam. Padahal boleh jadi setelah dijalani, masalah tersebut tidak segawat dan semencekam yang diperkirakan.

5. Jangan putus asa

Masalah akan membuat kita terpuruk dan menjadi hina, bila kita putus asa menghadapinya. Putus asa terlarang bagi seorang Muslim. Putus asa lahir dari lemahnya ilmu dan keyakinan pada Allah SWT.

Ingatlah, bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Kita tidak mungkin lepas dari masalah. Maka, amalkan prinsip-prinsip di atas saat masalah menimpa. Lalu terima dan hadapi masalah tersebut dengan “lapang dada”. Setelah itu jalani sebagai sebuah “proses pembelajaran,” kemudian hayati “hikmah” dibalik masalah itu, hingga akhirnya kita bisa menikmatinya sebagai “karunia” dari Allah SWT. Wallahu alam.***

Categories: Notes
amel at 18:39 on 20 February 2012

makasih bt saran ny

Isdaryanto at 20:13 on 20 February 2012

@amel: makasih kembali 🙂

miranda at 21:25 on 29 February 2012

makaci bantuan ny

rito at 00:41 on 2 March 2012

maksh suatu masukan yang sangat memuaskan,thx

Man Stts at 19:47 on 5 March 2012

Maksih Mas. Man ijin Copy yar bisa bermanfaat tuk org lain juga.

deny at 09:12 on 31 March 2012

maksaih y atas saran nya dan kata2 nya…..

Reza Darmawansyah at 12:46 on 31 March 2012

makasi oOm tips dan nasehat nasehat nya… semoga Allah Swt slalu memberkahi oOm.. Amin…

Puspitasari at 14:37 on 24 April 2012

Yang bikin themes ini keseret ama pesbuk ya.. Duh, ternyata masih ada yang menggunakan… 🙂 Minta dong theme na.. hehe

Salam!

ridha fitriani at 22:05 on 6 July 2012

omm mksh ia tips.a .
pas bgt wat aq

NELISMAWATI BATEE at 15:45 on 15 December 2014

makasih tips pnyelesaian masalahnya

wahyu at 17:59 on 28 January 2015

hm…. smoga Tuhan memberkati saya dan skolah saya.. jika saya bisa mengundurka wwaktu saya akan berkata…. Im sorry mom

ridwan at 10:26 on 11 March 2015

terima kasih atas motivasi dan nasehat nyah..semoga masalah yg saya alami bisa ada jalan keluar yg terbaik..tetap semangat dan yakin..