My FaceBlog

| Tempat ngeblog a la facebook…

Cara Membangkitkan Gairah Kerja

Banyak orang beranggapan, gairah dan bekerja tidak dapat dicampur. Mereka bahkan berpikir, bekerja untuk hidup dan cari makan. Bukan bukan untuk memberi makan jiwa kita.

Jelas, pendapat tersebut keliru. Sebab, pada kenyataannya, gairah dan kehidupan adalah hal pokok yang harus diprrioritaskan. Dengan gairah, bakat Anda termotivasi. Gairah adalah suatu karunia dan yang terpenting gairah membuat Anda menjadi “siapa diri Anda”. Gairah Anda adalah kekuatan dan enerji Anda. Gairah merupakan bagian dari diri Anda yang memotivasi untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan.

Yang jadi masalah, banyak orang mengabaikan gairah mereka pada saat harus memilih dalam karier. Stres karena deadline dan bermacam-macam keadaan di kantor yang menimbulkan kekesalan, membuat kita mulai mengabaikan gairah. Tetapi, gairah murni tetap ada dalam diri Anda dan kadang memang harus digali dan diihidupkan lagi. Caranya? Simak saja saran-saran berikut.

1. Cermin Masa Lalu

Salah satu cara yang paling bagus untuk mengidentifikasi gairah nyata Anda adalah dengan memikirkan hidup Anda, Terutama mengingat masa kanak-kanak dan mengidentifikasi hal-hal yang Anda sukai. Apa yang membuat Anda sangat gembira? Apa yang dapat Anda peroleh dengan mudah?

Coba, deh, ingat-ingat hal-hal yang Anda sukai waktu masa sekolah atau permainan favorit saat kecil. Jika gemar main boneka, mungkin Anda menyimpan bakat terpendam yang menunggu saat yang tepat untuk ditampilkan.

Begitu Anda dapat mengidentifikasi kegemaran Anda, maka Anda pun tahu bagaimana memanfaatkannya. Sebagai contoh, orang yang senang tampil dapat menemukan peluangnya dengan bekerja sebagai presenter, pembicara. Ingat, gairah kita terpampang di depan kita!

2. Identifikasi Impian

Jika ingin menggali gairah, Anda perlu mengidentifikasi “mimpi” Anda. Buatlah daftar hal-hal yang sangat ingin dilakukan, hal-hal yang kalau Anda lakukan tidak akan merugikan bagi Anda. Jelas, Anda harus berani menghadapi tantangan-tantangan. Mungkin Anda bermimpi menjadi penari terkenal. Dengan demikian, Anda akan termotivasi mengikuti kursus menari.

Jangan lupakan catatan daftar mimpi Anda dan jangan pernah berpikir “tidak mungkin” karena dengan mempunyai mimpi, Anda akan termotivasi untuk mewujudkan cita-cita Anda.

3. Cari Peluang

Coba ambil katalog kursus, lihat kursus apa yang ditawarkan dan beri tanda pada bagian yang menarik buat Anda. Beri kesempatan pada diri sendiri untuk mengikuti kursus yang Anda minati. Bila tertarik pada seni, ikuti kursus mengenai seni. Bila ingin jadi fotografer, ikuti kursus mengenai fotografi.

Lakukanlah sesuatu sesuai dengan minat Anda. Apakah itu menari, menyanyi, atau menulis. Anda harus berani melakukan dan mencoba sesuatu yang baru.

4. Bangun Dunia & Gaya Hidup

Setiap orang harus berani melakukan hal-hal yang memotivasi dirinya dan yang memberi ilham. Setiap manusia punya pembawaan sejak lahir, demikian juga halnya dengan gairah. Gairah merupakan suatu benih dari dalam diri kita.

Jika gairah ini tidak digali, maka bakat yang ada dalam diri kita tidak akan pernah tumbuh. Tetapi jika gairah digali dan dikembangkan di lingkungan yang sesuai, Anda akan sukses dan menjadi orang seperti yang Anda idam-idamkan.

Memang, perlu waktu untuk menggali gairah dan mengembangkannya. Yang diperlukan adalah kemauan untuk mengembangkannya. “Hidup ini bukanlah suatu latihan”. Diri Anda sendirilah yang dapat membuat hidup Anda bahagia atau tidak.***

Categories: Keluarga - Notes
I Love Wonosobo at 21:40 on 9 December 2010

cari rejeki gan,,, hehehe

rave at 14:19 on 15 December 2010

mampir balik mas.. hehe…

rike at 22:53 on 15 December 2010

leh knl bwt tmn curhat ?

Warna Tulisan at 11:19 on 17 December 2010

makasih sahabat sudah berkunjung

asror alief at 13:23 on 18 December 2010

keren juga niee,./??

asror alief at 13:23 on 18 December 2010

keren juga niee,./??

bujang bangka at 21:31 on 19 December 2010

mantap bro

Soe86 at 15:33 on 20 December 2010

wah, mantap neh Mas Is, Tapi, kasusku kayaknya beda neh Mas, aku kurang bergairah saat kerja, soalnya jauh dari akses internet, hahaha, gimana tuh mas? Akhirnya, blogku g pernah diupdate, hikz hikz

Marry at 15:36 on 20 December 2010

mmm, nice blog… but i cant understand 🙁

kyosha at 18:09 on 23 December 2010

hi……….

Isdaryanto at 12:22 on 24 December 2010

@soe86 > sama sy dong,,bergairah kerja kl ada internet soalnya bs sambil ngeblog.. hahaha 🙂

sibutiz at 07:02 on 25 December 2010

makasih atas tips2 nya ya ka..

Soe86 at 13:38 on 27 December 2010

@Mas Is… Duh Mas, aku iri tuh Mas…. 🙁
Pokoknya, sekarang aku lagi ngumpulin banyak bahan, klo ada kesempatan, bakal kuposting semua…. hahahaha.

anggieta at 12:14 on 28 December 2010

it’s verry gppd, n i like it…, tq

kania at 02:01 on 30 December 2010

wow keren template nya… mau bertukar link sobat? kayaknya pemiliknya ini sama dengan blog isdaryanto yang lain ya? keren2

DHANA/戴安娜 at 13:07 on 30 December 2010

salam sahabat
bagus dan sangat beramnfaat sekali terima kasih yach

Cafing at 13:12 on 30 December 2010

mampir mas eh cewek yg posting hehehe,seperti pada pembahasan ini saya lebih menekankan pada manajemen diri khususnya berkarir makasih menjadikan referensi saya lebih lengkap

kania at 10:35 on 3 January 2011

hehe kunjungan pagi buat sobat ku kawan Isdaryanto

Blogku Dofollow at 22:10 on 4 January 2011

Wah, bagus neh sob 🙂

kurnianto7 at 00:03 on 5 January 2011

Kunjungan pagi..! 00.10

danupuspito at 21:41 on 6 January 2011

thanks share na sob….

oon slow at 13:22 on 8 January 2011

kerja itu yg pnting iklas………… jika jalanin sesuatu dngan iklas tanpa ada beban atau rasa iri maka semua nya kan terasa nikmat. ok.

Aneka News at 23:18 on 10 January 2011

Sekarang aku bergairah Mas, udah punya domain sendiri soalnya, hihihihi

Isdaryanto at 12:39 on 12 January 2011

@aneka > selamat deh mas, smoga mkin semangat.. 🙂

budi2610 at 23:44 on 14 January 2011

Kunjungan mlm mas is.

Mas An at 16:51 on 15 January 2011

bekerja termasuk ibadah, apalagi seorang laki-laki itu harus untuk bisa menafkahi keluarganya, terimakasaih mas is

lapak info at 02:41 on 22 January 2011

saya juga sudah mulai malas kerja.nggak tau lagi nih.susah melakukan hal itu.huuufftt

kang salman at 00:04 on 1 February 2011

Waw keren sekali mas…blognya.. saya hampir menyangka ini facebook. blogspot ga mungkin bisa seperti ini…

Bekerja menurut saya menjadi satu dengan gairah kerja, kalau saya tidak kerjaan, atau kesibukan hal tersebut membuat saya menjadi malas dan lesu. pekerjaan apapun yang sederhana mambantu kita untuk membuat hidup menjadi berharga. pada saat itulah kita akan tau makna dari kerja yang sebenaranya = gairah / semangat berprestasi dan lebih baik.
sukses ya Facbog

Yoga Havis at 23:30 on 10 February 2011

Keren ni….bisa juga jd inspirasi..Thanks

evunk amc at 21:16 on 29 May 2011

ngktan bleh g..

megatmilke at 02:18 on 13 December 2011

hey baby girl

samuel at 16:41 on 12 February 2012

nie cocok tuk inspirasi siapa pun

akbar slalu at 07:57 on 11 May 2012

ya memang betull semua itu