My FaceBlog

| Tempat ngeblog a la facebook…

Cara Melupakan Mantan Pacar

Tidak bisa melupakan mantan pacar (seseorang yang seharusnya telah berlalu dari hidupmu untuk saat ini) merupakan suatu hambatan yang bisa menjadi penghalang dalam hidupmu. Bagaimana caranya kamu bisa menjalani hidup yang lebih baik lagi kalau masa lalu masih di depan mata? Di bawah ini ada beberapa tips melupakan mantan pacar :

1. Yang Lalu Biarlah Berlalu

Pertama kamu harus sadar bahwa apa yang kamu alami adalah hal yang super normal. Sulit melupakan mantan pacar adalah hal yang biasa dialami oleh siapapun. Jangan takut mengakui perasaanmu, karena apa yang kamu rasakan bukan pamali.Bukan hal yang salah atau tabu.

Hampir semua orang pernah mengalami “susah melupakan mantan pacar”. Apalagi kalau kamu sudah pacaran cukup lama. Kenyataannya, kamu mungkin tidak akan pernah melupakan mantanmu, kecuali kalau tiba-tiba terjeduk tembok atau tertimpa atap tepat di kepala, dan gara-gara itu jadi mengidap amnesia. Jadi kuncinya adalah bukan untuk melupakan bahwa dia pernah ada dalam hidupmu, tapi untuk menerima bahwa dia telah menjadi masa lalumu, dan sekarang kamu harus terus berjalan untuk melalui saat ini, dan terus melaju masa depan, dengan atau tanpa dia. For better or for worse, si mantan pernah menjadi bagian dari hidupmu. Kenangan baik atau buruk, jadikan itu suatu pelajaran yang berarti.

2. Jangan berusaha untuk melupakannya.

Semakin kamu berusaha keras untuk melupakan sang mantan, ingatan
kamu akan dia malah akan menjadi semakin kuat. Jangan sampai kamu terobsesi dalam niatmu untuk melupakan mantan pacar, sampai-sampai kamu nekat memboikot semua teman, semua aktivitas, semua mal, semua restoran, semua bioskop, hanya karena takut hal-hal tersebut akan mengingatkan kamu akan dirinya. Seperti bayak orang bilang, waktu akan menyembuhkan segalanya.

Kalau alasanmu tidak bisa melupakan mantan pacar karena kamu merasa masih sayang sama dia, coba pikirkan baik-baik. Apa kamu memang benar-benar masih sayang sama mantanmu, atau jangan-jangan kamu hanya merasa kesepian? Banyak lho, yang melakukan kesalahan “jadian” lagi dengan mantan karena tidak tahan “sendirian”. Jangan menjadi salah satu korban kesepian seperti ini.

3. Diskusikan kembali.

Sebaliknya kalau memang benar masih sayang dengannya dan “putus”nya kalian merupakan suatu kesalahan, kamu bisa mencoba mendiskusikannya kembali dengan mantanmu. Apa kalian bisa mencoba untuk menjalani hubungan pacaran lagi? Untuk hal ini, ada baiknya kamu minta saran dari teman dekat atau orang tua. Orang yang melihat dari “luar” biasanya akan lebih obyektif. Kalau memang hubungan kalian sudah “tewas” dan tidak bisa diselamatkan lagi walaupun kamu masih mati-matian menyayangi dia, kamu hanya bisa merelakannya. Kadang kita memang tidak tahu apa yang kita punya sampai kita kehilangan hal itu. Untuk saat ini, sadari bahwa cinta sejati toh tidak harus memiliki. Klise, tapi betul banget!

Kalau kamu susah melupakannya karena dia telah memperlakukanmu dengan tidak baik, tunjukkan padanya, pada semua orang dan pada dunia, bahwa hidupmu menjadi lebih baik tanpa dia. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang lebih baik darinya. Kamu harus bisa berbesar hati. Jangan lantas menyumpahi atau berdoa agar dia celaka. Jalani hidupmu sebaik mungkin, itu adalah balas dendam terbaik untuk cowok/cewek menyebalkan. Dan jangan lupa untuk bersyukur karena matamu telah
terbuka sebelum terlambat, sehingga kamu bisa lepas dari pengaruh buruknya lebih cepat.

4. Cari Kesibukan Yang Positif.

Dengan adanya kesibukan yang positif, maka tubuh dan otak kamu dipaksa untuk fokus ke tempat lain, otomatis kamu tidak akan punya banyak waktu untuk memikirkan mantan pacarmu. Jangan lupa singkirkan benda-benda yang mengingatkanmu pada mantan pacar kamu, seperti foto-foto atau boneka pemberiannya. Tidak perlu dibakar atau dicabik-cabik, cukup singkirkan saja supaya tidak mudah terlihat (kecuali kamu memang perlu untuk melepas emosi, yah sah-sah saja).

Susah melupakan mantan pacar adalah hal yang lumrah. Jadi, jangan merasa malu atau merasa dirimu aneh. Sekarang kamu sudah tahu cara mengatasinya. Jalani hidupmu, dengan teman-temanmu dan berbagai aktivitas yang kamu miliki. Kalau kamu merasa masih tidak sanggup menghadapi mantanmu, jangan paksakan diri untuk bertemu dengannya. Sebaliknya, jangan sampai kamu korbankan aktivitas favoritmu, hanya karena dia sama-sama tercatat sebagai anggota klubmu. Cobalah untuk bersikap dewasa karena ada banyak sekali kesempatan atau peluang besar di luar sana yang mampu membuat hidup kamu lebih bermakna. (Sumber : Majalah Kosmopolitan).

Categories: Notes
andri raynard at 16:43 on 25 May 2011

sya puna pcar nah dya ga bs melupkn mntan na…
gmn c cra melupkn mntan na.???
ksh solusi na donk???

bayu at 01:16 on 27 May 2011

bla cntaku berbunga..ak akn tetap mncintaimu…
bla cntaku patah,,aku pun tetap mncintaimu…

aq ingin kembali lagi padamu”’

eka susanti at 23:46 on 11 June 2011

tapi kenapa aku tetep gk bisa,,,,,,,,,,,,,

tomi at 03:40 on 9 August 2011

aku punya masalah untuk melupakan mantan pacar,,,,begini masalanya aku sulit banget melupakannya,,, semua hal yang berkaitan dengan dia udh aku singkirkan…. aku og tetep mencintainya walaupun semua hal yang buat aku sakit hati aku ingat tapi aku masih sayang… gmn solusinya terimakasih.

ella at 16:15 on 18 August 2011

knp eah,,q g bsa bngt melupakan dy hingga2 q hrs mengeluar khan air mataku typ hari tp dy ngak peduli ma q,,,q minta mf pun g pernh dy maaf khan,,ampe q mhon2 dy g pdli,,dy mlh bilang mu mlpkan u dan q di suruh pergi jauh,,,tp q mu pergi g bsa q sll ingt dy tp dy g pernh mrsakan tuh ada na mlh membenci q mati2 an,qku harus gmn y

putri at 16:50 on 18 August 2011

q akiu q memank sulit ngelupa in dy,,,,bahkan hampit typ hari q menangis karna dy,,tp lok q fki2 pa mungkin dy merasakan yg kita alami ni,,,,,yah,,mungkin kta terlalu cinta dan terlalu indah mengingat kisah tentang kenangan saat berdua,,,tp ckrng dy dh pergi jau dan membenciku bahkan meninggalkan duka dlm hatiku,,,sekian lma bercinta g nyangka dy berubah untk yg laen na,bn2 sakit,,,indah di pndang sakit bla di ingat,,,q emank cyg ma dy ampe ckrng bhkn q msh ngarepin dy tp bkn berarti mengemis cinta,,tp untuk saling memaafkan,,,bila memank ni yg terbae bagi dirina q hrs rela dy pergi,,,dan hny bsa ku kirim do’a muga bahagia,,dan q g khan pernh lpkan u cm q anggp mslh pribadi msa lalu,,kan ku jadikan kenangan terindahku,,meski kau ckrng bkn miliku,,,

aq at 09:55 on 2 September 2011

aku punya pacar,,,
kita saling menyayangi satu sm lain,slama perjalan cinta kami selama 4 th lbih ini,km slalu bs menghadapi smua masalah yang ada..
baru2 ini aku bkin masalh yg besar,masalah yang yang jika aku menjadi dia,aku jg gak akan sanggup manghadapinya,aku cm bs minta maaf,dia blang tidak apa-apa,,yng jelas,jika aku disampingnya,dia bs menghadapi smuanya
tp,lama klamaan aku mrasakan dia agak berubah,dia gak lagi sesnang dl kalau ditelfon aku,dia gak lagi gak manja n secerewet dulu,,,
dan dia jg gak sesensitif dl,dia terkesan lebih cuek dan gak perduli

jujur aku memang tipe cowok pendiam dan serius,dan tidak humoris,aku bahkan sulit menemukan bahan cerita padanya apa yang bs kuceritakan padanya tentang apa yang telah kulakukan hari ini,biasanya dia yang cerewet,dan cerita membuatku tertawa,mndengardia tertawa rasanya sudah senang sekali.shingga,aku gak bs menemkan jembatan penghubung hati kami,,,

aku putus asa,sulit rasanya mnerima dia berubah untuk sdikit saja…
adakah yang bs menolongku.coz aku sayang banget sma dia,dia cinta pertamaku,begitu juga dengan dia….aku ingin slalu bersamanya,susah dan sedihnya

ritha at 14:58 on 5 September 2011

aaaaaadddduuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhh inget c’GILANG ??????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

yeti at 22:22 on 20 September 2011

Bagi orang tertentu melupakan mantan pacar emang sulit,tapi sebagai manuasia normal hal itu harus bisa kita lupakan kalau ingin masa depan kita lebih baik.bayang “masa lalu hanya akan menghambat dan menghancurkan serta melemahkan masa depan yang kita rancang indah menjadi suram.apalagi bagi kita yang sudah memiliki pasangan hidup baru.harusnya mantan pacar cukup kita jadikan sebagai cerita fiksi hiburan semata disaat kita sedang menghadapi problema,atau rasa suntuk dengan pasangan kita.tapi jangan dijadikan hal itu alasan untuk membuat cerita CLBK.apalagi bagi laki”atau perempuan yang sudah beristri ataupun bersuami.hal itu hanya akan menjadikan masalah atau bumerang kehancuran dalam rumah tangga yang sedang dijalani.sekarang ini banyak pasangan muda ataupun tua yang mengalami kehancuran karena diterpa perselingkuhan atau istilah kerennya CLBK.kebanyakan rumah tangga hancur oleh perempuan sendiri yang merasa tidak puas dengan pasangan barunya.dan bodohnya lagi akal sehat lelaki selalu saja bisa dikalahkan atau dikendalikan oleh cerita”yang membius perasaan .hal itu akan menjadi dilema bagi mantan pacar yang sudah punya pasangan.Clbk biasanya selalu terjadi dan berawal dari ketidak sengajaan atau rasa penasaran yang menggebu”bahkan selalu mengalahkan akal sehat kita.tak sedikit para mantan pacar menggunakan cara yang dilarang agama demi menaklukan mantannya yang berusaha setia pada pasangan barunya.maka dari itu saran saya bagi para pembaca netters yang kira “termasuk dalam comment saya ini ….jadilah manusia atau orang yang berfikiran sehat dan berfikiran kedepan jangan berfikiran kebelakang.Istilah saya Johan…(jodoh ditangan Tuhan) kalau emang jodoh enggak kemana.tapi biarpun sudah bertahun”kita berpacaran kalo Tuhan belum mengijinkan maka kita tidak akan berjodoh biar dipaksakan juga.tul gak friends………???

chacha at 09:54 on 3 October 2011

nh smw hnya wktu yg mnjwab

dania at 23:36 on 3 October 2011

cari lagi pasangan yg tentunya lbh asik…dijamin manjur 99%….
ga butuh wkt lama,,pasti kenangan akan mantan dikubur dlm2..hehehe

wiwin at 11:08 on 10 October 2011

mau numpang nie saya ingin melpakan pcara caya yang selalu menggantungkan hubungan caya………..caya ingin lepasssssssss

intan at 00:14 on 4 November 2011

Slm knl…..sy mau tanya….bagaimana menghadapi pasangan yg sulit melupakan mantan….dy trauma akan ms lalunya brsama mantannya itu..dan sy ingin dy tdk berpikiran klo wanita itu sama…bagaimana sy hrs bersikap…dan membantu dy keluar dr traumanya…..thx…

jessica at 11:04 on 18 November 2011

aq punya pacar,,,,,,, aq sngt sayang ma dy, tpi akhr2 ni dy berubah, klo d ajak jln banyak alasan dlu bru mau,,,,,,,,,,
sikapnya brubah drastis sma aku,, dulu stiap jam nelpon, tpi skrng mlah aq yang nelpon,,,,,,,,,,
bkn cma itu dy spt ngga punya niat jln ma aq,,,,,,,,
aq kngen dy yng dlu, dy yg slalu memprhatikan aq, yg slalu sayang ma aq,,,,,,,,,
kdg aq brpikir ingin mutusin dy, tpi aq tak ingin pisah,,,,,, dadaku terasa sesak,,,,,,,,,,,

tolong solusinya dong buat aku,,,,,,,,,,,,
plisssssssssss,,,,,,,,,,,

wina at 13:55 on 2 December 2011

terus terang aq lagi keingetan sama c abang….

uchi at 08:09 on 15 December 2011

salammmmmmmmmmmm .
aku bingung knpa byang2 mntan q sllu hdirrrrrrrrrrr .

adhit at 03:32 on 17 December 2011

ohh>> tuhan hilangkanlah semuah perasaan yang masi membekas di hatiku ini !!! patah hati

chIntha at 10:46 on 29 December 2011

Ehm…
AQW CbA dLu dEch mga aZha bzha

erviani at 08:26 on 2 January 2012

dulu aku pux pacar awalnya aq dengan dia sama skali ngga kenal
pertemuan pertama itu membuat aku n dia menyatu tapi seiring berjalannya waktu 2 bulan aku dan dia jln tiba2 dia mengatakan 1 kejujuran yang membuatku sakit
oia .. dia adalah pacar pertamaku dia sangat syang dngku tapi entahlah apa yang membuat dia berpaling dia pux pacar selain aku 1 kampus dia sendiri dan juniornya
sampai saat ini aku tdk bisa melupakannya
sgala cara tlah aku lkkn agar aku bsa mnghlngkannya dri fkiranku tapi itu tdk bisa
aku tdk tau hrus bgimana ??
padahal slama aku pacaran dgnnya aku n dia hany sekali sja bertemu

biaz at 09:17 on 5 January 2012

kenyataannya emang perih saat kita tu kehilangan sesuatu yang sangat kita sayangi…
setidaknya ane bisa jadi semangat deh gan setelah membaca saran dari ente gan…tengkiu banget……

nella tara ramadany at 13:11 on 12 January 2012

ya memang sh melipakan masa lali itu sulit sekali tapi
itu harus d lupakan karan tag selamanya dia bersama kita 🙂

fauzan chank at 15:29 on 18 January 2012

emang bner sih,emang sulit bwt nglupain sang mantan apalagi udh pacaran lbih dr 3 thun, tp stelah aq baca pnjelasan d atas insya ALLAH saya akan bsa lupain dia dan hrus bisa, trima ksih mas ats sran2nya…

ganank at 02:07 on 29 January 2012

thanks bgt ya bang. aku kbtulan lg patah hati ni bang. tlg doakan ane jg ye. ane btuh bgt saran2 sprti pnya abang ini. alhamdulillah

Isdaryanto at 04:52 on 29 January 2012

@ganank : sama2..semoga km tdk patah hati lg ya dan bs menemukan pasangan yg km idam2kan.. amin 🙂

inneke lie at 13:07 on 3 February 2012

lah yll biarlah berlalu..co mah cari lg aja..:D

avlet at 07:37 on 10 March 2012

BUAT APA MENGHARAPKAN DIA UNTUK KEMBALI LEBIH BAIK BUANG SAJA MASALALU YANG DULU SEKARANG LIHAT LAH MASA DEPAN LEBIH BAIK MENGEJAR CITA CITA

riry maunna cenyum ajjah at 07:50 on 16 March 2012

iya susahh bgt yahh yng namax lupain mantan,,,,yng mc di syang bgttt,,,,pdhall dia yng mengakhiri ,,dan hx krna hal sepelee,,,, yng qw sedihhh knpa syng itu mc ada padahall dia dah pux cwe..

rinaldi at 20:41 on 20 March 2012

semua sudah saya lakukan seperti tips di atas…tp tetep gak bisa…
galau terus gada matinya…TOLOOOONNGGG.!!!

dhelia at 15:37 on 9 May 2012

btul bgt tuh … thanks iya ats penjelsaannya 🙂

dheon at 18:50 on 11 May 2012

gua bnget

tya callank at 13:47 on 16 May 2012

bner bnget tuh rasa nya susah bwt ngelupain mantan apah lagi mantan yang kita syang, susah bgd,
pengen ngelupain cuma rasa nya susah bgd,
ampe skarang susah buat kita lupain,

tya callank at 13:52 on 16 May 2012

kalau menurut gua,
lbh baik kita belajar mencintai orang lain ,
kyk gua .
skarang gua udah sayang bgd ma cwo gua skarang gak mau nyia2in kamu arie ….

AJENG EKA ALBANIEZ at 14:31 on 5 June 2012

galauers tetep z galauers,klo msh syng emg sulit nglupainnya…………

ika at 10:21 on 3 July 2012

ada bnr nya juga tuh, tp ttp aja aku susah bngt buat benci sama dia, padahal aku dpt kabar dari sobat aku kalau mantn aku tuh udah fitnah aku dia nuduh aku selingkuh, tp ya tetap aja sulit banget buat sadar kalau sebenarnya dia sudah pergi.

thania at 20:50 on 12 July 2012

.memng susah sh
.apa lagi kalau hubungan nya
.gk drestu.i sama keluarga sang pacar
.pasti sakit hati bangat
.apa lagi keluarga sang pacar ngelihatnya
.dari segi umur ;(
.

thania at 20:53 on 12 July 2012

.gua aku.i sampai sekarang
.gua k isa lupa.i sang pacar
.gua udah coba nyari ksibukan
.tapi ga gk bisa lupa.i nya
.sebenarnya apa yang salah
.dari gua
.sampai* gk bisa lupa.i dya
.

nia at 18:00 on 13 September 2013

skrg y gtu yg aq alami 🙁 ,sulit bnget lupain mantan q,pdahl hubungan kmi cma brjln 3 bln it pun sring putus nyambung,pdhl pcr q sring buat q nangis,genit sama cwe” & parahny skrg kmi putus krn org ke 3 , tp knp ttp j q syg ma dy

Ranty Bifel at 05:03 on 10 May 2014

Sulit untuk melupakan mantan pcar 🙁

uthie at 14:49 on 18 June 2014

sulit bgt buat lupain massaaa* qta lagii bersama tapi tak mungkin buat qta bersatu cz dia udah jd tunangan orang lain, walaupun pihak keluarga dia masih mengharapkan ak kembalie :'(

Dhita at 12:49 on 18 September 2014

always be exited, lupakan dy lebih baik dari pd menyiksa diri toh dy tidak kasih apa2 jga.

dodik gokil at 23:48 on 3 October 2014

Ku haruuuss kuattt,

marselina kedong at 19:29 on 17 December 2014

pokokx benar” susah banget buat lupain mantan 🙁

rully at 10:28 on 23 January 2015

mkasih ya wt artikelnya.. bgus bgttt..
qu sadar emank waktu yang akn menyembuhkan… jdi aq gk butuh penyembuhan darinya yg sndiri tlah mnyakiti aku…

indah at 10:38 on 7 May 2015

delete mantan,,,download gebetan

khairil at 00:19 on 9 May 2015

Thanks atas tips nya..